COC Troops : Barracks Edition

Posted by at
Clash of Clans (COC) : Game Strategi yang Wajib Anda Coba ! Apa kabarnya para gamers? Setiap manusia terlebih anak-anak dan kaum remaja tentunya tidak terlepas dari yang namanya game. Clash of Clans atau sering disebut COC merupakan game paling ngetrend beberapa tahun belakangan ini. COC merupakan salah satu game strategi paling digemari oleh setiap orang karena umumnya tidak sulit dimainkan, dapat didownload secara gratis, dan tentunya dapat dimainkan di seluruh smartphone yang Anda miliki. Game yang dibuat oleh Supercell (Finlandia) ini cukup simpel dimainkan, yaitu mentrain troops yang Anda miliki dan mulai untuk attack di village orang lain dengan menekan opsi Find a Match. Kumpulkan loots (Gold dan Elixir) sebanyak mungkin dan perkuat desa Anda.




Memang saja permainan ini cukup menyita waktu Anda. Apalagi jika Anda yang takut diserang oleh pihak lawan, maka Anda enggan untuk exit game atau keluar dari game ini ampai Anda mendapatkan shield. Oleh sebab itu, saya sarankan agar Anda perkuat pertahanan (defenses) Anda, seperti cannon, archer tower, wizard tower, mortar, air defence, dll dengan mengupgrade menggunakan gold. Jangan lupa pula untuk mengupgrade wall Anda, karena dapat menahan laju troops lawan dan cukup ampuh menghabiskan waktu apalagi jika lawan tidak menggunakan jasa wallbreaker.

Berikut ini saya akan menjelaskan tipikal atau karakteristik troops yang ada di permainan COC ini, khususnya di BARRACKS :



a. BARBARIAN
Troops ini merupakan tipe petarung jarak dekat. Troops yang memiliki ciri khas berambut dan berkumis kuning, menggengam pedang dengan aksesoris gelang ditangan ini memiliki damage dan hitpoints yang relatif berimbang. Barbarian tidak mempunyai favourite target, bertipe single target, hanya bisa melakukan serangan di ground (daratan), dan memiliki movement speed bernilai 16.

b. ARCHER
Troops berambut pink, menggengam busur serta memakai dree warna hijau ini merupakan tipe petarung jarak jauh. Dari namanya saja Anda sudah tau bahwa senjata utamany adalah panah karena archer memiliki arti pemanah. Damage dan hitpoints nya lebih rendah daripada barbarian (mungkin karena karakternya perempuan dan petarung jarak jauh). Archer tidak mempunyai favourite target, bertipe single target, bisa melakukan serangan di ground and air (daratan dan udara), dan memiliki movement speed bernilai 24.

c. GIANT
Sesuai namanya, Giant memiliki tubuh besar, beralis dan berjambang tebal. Giant merupakan tipe petarung jarak dekat seperti barbarian, tetapi memiliki damage dan hitpoints yang jauh lebih baik daripada barbarian. Namun, movement speed yang hanya 12 membuat para pengguna Giant sering kehabisan waktu, apalagi harus berhadapan dengan wall lagi guys... Tapi jangan khawatir, karena Giant mempunyai favourite target berupa defenses, bertipe single target, hanya bisa melakukan serangan di ground (daratan).

d. GOBLIN
Makhluk hijau aneh ini selalu membawa karung ditangannya. Mengapa? Mungkin bagi yang belum memainkan game ini bertanya demikian. Hal ini dikarenakan goblin memiliki kemampuan khusus berbeda dengan troops lainnya. Meskipun memiliki damage dan hitpoints yang tergolong sangat rendah, namun Goblin memiliki kemampuan 2x lipat dari damagenya jika di tempat resources (tempat memproduksi dan menyimpan loots) yang juga merupakan favourite target si makhluk hijau ini. Wah! Ternyata Goblin ini jago mencuri yahh...Walaupun bertipe single target, hanya bisa melakukan serangan di ground (daratan), movement speednya sangat cepat yaitu 32 sehingga merupakan troops tercepat di BARRACKS.

e. WALL BREAKER (WB)
Karakter skeleton pemegang bomb ini tak lain berfungsi sebagai penghancur wall. Meskipun memiliki damage dan hitpoints yang paling minim, kemampuan damagenya akan bertambah 40x lipat jika ke target favoritnya, yaitu wall dan memiliki movement speed yang lumayan cepat yaitu 24. Goblin bertipe area splash dan hanya bisa melakukan serangan di ground (daratan). berikut adalah daftar level WB dan level wall yang saya rangkum dalam gambar :



f. BALLOON
Bentuk fisik Ballon hampir mirip dengan Wall Breaker, yaitu skeleton menggengam bom. Hanya saja skeleton ini menggunakan sejenis parasut balon untuk terbang dan melemparkan bom dari atas. Ada hal yang jarang diketahui para gamers meskipun sudah bermain COC cukup lama, yaitu Ballon yang hitpointsnya habis akan kempes dan terjatuh. Yang menarik adalah benda yang ditimpa Ballon, baik defenses maupun troops dari cc akan berkurang hitpointsnya bahkan mati tertimpa Ballon. Keunggulan lainnya adalah bertipe area splash dan melakukan serangan di ground. Kekurangannya adalah movement speed cukup lambat, yaitu bernilai 10

g. WIZARD
Mungkin troop yang satu ini merupakan pribadi yang cukup cool menurut saya. Mengenakan jaket berwarna biru muda dengan ikat pinggang serta berkumis dan berjenggot membuat karakter wizard terkesan sangat maskulin nan cool. Wizard memiliki damage yang sangat baik namun hitpointsnya (sejenis HP atau Health Point) rendah. Satu keunggulan lainnya adalah memiliki tipe area splash (dapat mengenai apapun lebih dari 1 yang berada disekitar api ataupun listrik yang dihasilkan Wizard). Seperti kebanyakan troops lain, wizard hanya bisa melakukan serangan di ground (daratan) serta movement speed bernilai 16.

h. HEALER
Berdasarkan pengalaman saya bermain COC, jarang sekali orang memakai troop yang satu ini. Selain memerlukan elixir yang lumayan banyak, training time (waktu pembuatan) Healer terkesan cukup lama, yaitu 15 menit. Wow, tentunya ini bukan opsi troop yang tepat jika Anda ingin terus-menerus attack desa musuh dengan waktu singkat. Namun, sifatnya yang area spash dan berfungsi mengheal (menambah hitpoints troops lain) tentunya memiliki daya tarik tersendiri apalagi para pengguna Giant, sehingga dengan hitpoints yang sudah tinggi ditambah Healer menjadikan Giant seolah menjadi "abadi"..hehehee..Namun pastikan Healer jauh dari jangkauan air area defenses guys... seperti archer tower, wizard tower, dan air defence. Healer hanya bisa melakukan healing di ground (daratan) serta movement speed bernilai 16 sama seperti wizard.

i. DRAGON
Mendengar namanya saja Anda sudah dapat membayangkan si penyembur api ini. Memiliki damage dan hitpoints yang cukup tinggi menjadikan troop ini menjadi pilihan yang cocok untuk melakukan Clan War (jika Clan War lawan memiliki air defence yang rendah levelnya atau belum memiliki air defence). Mungkin ada yang bertanya "Mengapa tidak menggunakan Dragon saat raid biasa?". Jawabannya adalah karena training cost (elixir yang harus dihabiskan) yang sangat mahal dan training time yang memerlukan waktu setengah jam ! Meskipun memiliki kemampuan serangan di ground and air (daratan dan udara), Anda pasti akan berpikir dua kali jika memakai troop mengerikan yang satu ini. Movement speed bernilai 16.

j. P.E.K.K.A
"Is P.E.K.K.A a knight? A samurai? A robot? No one knows! P.E.K.K.A's armor absorbs even the mightiest of blows, but it doesn't handle electricity too well.". Itulah penggalan kata yang terdapat dalam keterangan ketika Anda melihat info dari P.E.K.K.A. Dari penggalan tersebut kita tidak tahu bahwa apa itu P.E.K.K.A, seorang ksatria? samurai? robot? Tidak ada yang tahu (mungkin gabungan dari ketiganya..hehehe...). Memiliki damage dan hitpoints yang terbaik diantara troops di BARRACK tidak menjadikan P.E.K.K.A sebagai pilihan utama para COC lovers karena training cost yang sangat mahal, training time yang memerlukan waktu 45 menit dan yang perlu diingat adalah P.E.K.K.A tidak tahan dengan Hidden Tesla (hitpointsnya berkurang 2x lipat lebih cepat jika terkena sengatan listrik Hidden Tesla).

10 TROOPS BARRACKS
Itulah beberapa penjelasan dari troops BARRACKS. Ingin mengetahui tentang troops DARK BARRACKS? Silahkan kunjungi
COC : Dark Barracks Edition.
COC : Spell dan Heroes