Aplikasi Snapchat? Penjelasan Dan Cara Pemakaiannya

Posted by at
Apa sih Snapchat itu? Bagaimana cara pemakaiannya? Tampilannya bagaimana yah? Itulah pemikiran yang terlintas di benak Anda jika aplikasi ini belum masuk daftar "installed" di smartphone Anda. Dunia maya seperti sosial media (sosmed) memang tidak ada habisnya. Setelah sebelumnya muncul Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll yang menjadi aplikasi langganan setiap smartphone Anda, kini giliran Snapchat yang meraup sukses mengikuti terdahulunya. Layanan berbagi foto dan video, Snapchat sudah dirilis sejak 2011 lalu. Tapi, popularitas media sosial yang satu ini baru bermunculan dan menjadi tren di Indonesia. Aplikasi berikon "hantu berjubah putih" tersebut cukup menarik perhatian dan bisa saja menjadi sosmed favorit bagi para pengguna smartphone, khususnya bagi kalangan remaja. Lho... kok remaja?


Menurut saya yang juga pengguna Snapchat, ada beberapa alasan mengapa kaum muda-mudi yang mendominasi pemakaian aplikasi berlogo kuning putih ini. Yang pertama, Snapchat menarik perhatian remaja karena belum banyak orang tua yang menggunakannya sehingga bebas berekspresi sesuka hati mereka. Tidak seperti sosmed lainnya (Facebook, Instagram, Twitter) yang sudah merambah sampai orang dewasa. Kedua, para pengguna Snapchat bebas berkomunikasi dan berekspresi di ruang lingkup Snapchat itu sendiri bersama teman chatnya. Maksudnya? Pengguna bebas selfie sesuka hati dan dikirimkan ke teman karena konten yang dikirim ke teman Anda hanya bisa bertahan maksimal 10 detik sesuai pengaturan si pengguna. Setelah itu, konten akan secara otomatis "hilang" dan tidak dapat lagi dilihat teman. Yang terakhir, semua konten yang pengguna bagikan tidak perlu pikir panjang karena konten tidak akan lama bertahan. Selain itu, tidak ada tekanan untuk suka atau tidak suka dengan unggahan orang. Berbeda dengan Facebook dan Instagram, apabila Anda mengupload foto dan video, Anda harus berpikir dengan matang apakah foto atau video ini sudah cukup ganteng atau cantik? Sudah baguskah?

Penjelasan Dan Cara Pemakaian Snapchat
Bagi Anda yang masih asing dengan Snapchat bahkan belum menginstallnya di smartphone, Anda dapat menginstall aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store. Berikut adalah cara pemakaian Snapchat :

1. Daftar menjadi anggota Snapchat
Setelah install di Google Play Store atau Apple App Store selesai, Anda pilih Sign Up untuk mendaftar yang terletak di halaman depan Snapchat. Kemudian, Anda akan diminta mengisi alamat e-mail, password , dan tanggal lahir. Nah, jika semua persyaratan sudah selesai, Anda adalah Snapchatter!
Nih username saya, diadd yah hehe..

2. Mencari dan menambahkan teman
Langkah selanjutnya adalah seperti kebanyakan bahkan semua sosmed lainnya yaitu mencari teman. Caranya adalah :
a. Cari dan tekan ikon Snapchat ditengah bagian atas layar smartphone Anda atau cukup menyapu layar dari atas ke bawah.
b. Terdapat 3 opsi setelah Anda melakukan opsi a diatas, yaitu Added Me (untuk melihat pengguna lain yang mengajak Anda berteman), Add Friends (untuk menambah teman), dan My Friends (untuk melihat daftar teman).
c. Saat Anda memilih opsi Add Friends, akan muncul 2 pilihan yaitu Add by Username (mencari teman secara manual dengan cara memasukkan nama/username teman) dan Add from Address Book (mencari teman dari daftar kontak smartphone).

3. Melihat Stories dan konten personal teman
Setelah menambahkan teman, Anda dapat melihat-lihat aktivitas atau konten yang sudah diunggah teman lewat Snapchat. Dari layar utama, Anda tinggal slide layar ke kanan untuk masuk ke laman Stories. Pengguna juga tinggal slide layar ke kiri dari layar utama untuk melihat konten-konten personal yang dibagi teman hanya kepada Anda.

Stories menampilkan foto atau video yang diupload teman atau worldwide dan dibagi secara umum ke semua kontak Snapchat. Semua foto atau video itu bisa dilihat berulang kali hingga 24 jam ke depan. Setelahnya, konten secara otomatis akan "hilang". Sementara itu, pada halaman konten personal, pengguna bisa melihat pesan singkat, foto dan video yang diunggah lebih tertutup. Foto atau video itu hanya dapat dilihat sekali dengan waktu maksimal 10 detik. Setelahnya, foto atau video akan hilang. Terkecuali apabila si pengupload ingin memindai konten dan menyimpan di gallery sendiri. Lain halnya dengan mengirim pesan singkat, pesan tersebut tidak akan hilang. Apabila Anda ingin membalas foto, video, dan pesan singkat secara personal, Anda harus double tap nama pengirim dua kali.

4. Menelusuri informasi terbaru





Snapchat juga punya fitur Discover yang memungkinkan pengguna mengakses informasi-informasi terbaru dari beberapa organisasi media seperti CNN, MTV, Yahoo!,People, Cosmopolitan, National Geographic,Vice, b/r Sports, Food Network dan Daily Mail. Caranya adalah Anda cukup slide ke kanan dari halaman Stories. Setelahnya, layar bakal memunculkan ikon-ikon media seperti disamping berupa bulatan. Anda bebas memilih ingin mengakses informasi dari media mana sesuai selera.





5. Fitur Replay
Tidak semua yang sudah memiliki aplikasi Snapchat tau fitu yang satu ini. Saya juga baru menyadarinya beberapa minggu setelah menggunakan Snapchat. Fitur Replay memungkinkan Anda mengulang foto yang dikirim teman Anda secara personal yang hanya bertahan maksimal 10 detik. Perlu diingat, fitur ini hanya bisa digunakan sekali sehari.

6. Membagi konten personal atau Stories kepada teman
Nah, sekarang waktunya si newbie mulai membagi foto dan video ke teman-teman. Caranya dengan menekan bulatan abu-abu yang terletak di tengah bawah layar. Tekan sekali untuk mengambil gambar dan tahan tombol tersebut jika ingin merekam video. Setelah itu, Anda dapat menambahkan teks atau coretan warna-warni untuk memberi keterangan konten atau sekedar lelucon / hiasan. Kemudian, Anda tinggal menekan simbol tanda panah ke kanan di sisi kanan bawah layar. Snapchat akan memberi pilihan untuk membagi konten ke Stories atau ke beberapa orang bahkan 1 orang. Cukup dicentang sesuai pilihan. Gampang 'kan?

Itulah beberapa penjelasan dan cara pemakaian Snapchat yang mulai mendapat perhatian dari pengguna smartphone. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.