Penyebab Kuota Internet yang Cepat Habis

Posted by at
Penyebab Dan Cara menghemat Kuota Internet yang Cepat Habis. "Sisa kuota internet kamu 0 MB." Wow! Anda serasa kaget setelah Anda melihat SMS ini dari operator. Ada yang langsung bergegas isi pulsa dan juga ada yang menyesal karena agak boros dalam penggunaan kuota internet. Kehabisan kuota layanan internet bisa menjadi suatu momok menakutkan bagi sebagian orang. Apabila kuota internet Anda habis, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun putus. Praktis Anda hanya bisa telpon dan SMS dengan pulsa yang ada serta bermain game offline tentunya!


Anda tidak dapat mengirim pesan via BBM, WhatsApp, menelepon via Line, atau mengecek timeline atau foto teman via Instagram, dan banyak lainnya. Tanpa koneksi data internet, hiburan digital di smartphone Anda lantas sirna tak tersisa. Layanan hiburan seperti Skype, YouTube, online game, streaming musik, dll tak bisa dilakukan. Smartphone Anda seolah seperti handphone zaman dahulu yang hanya bisa telpon dan SMS.

Melihat permasalahan yang dianggap serius oleh kebanyakan kaum muda ini, beberapa operator penyedia layanan internet menyediakan paket data UNLIMITED untuk mengatasi masalah kuota ini, tetapi tentu saja setiap kelebihan memiliki kekurangan atau keterbatasan. Setelah Anda menggunakan kuota diluar batas wajar pemakaian, secara otomatis koneksi paket unlimited tersebut akan menjadi sangat lambat (Saya sendiri juga pernah mengalaminya hehehe..). Agar tidak terjebak masalah kuota internet, Anda sebaiknya merencanakan pemakaian data atau data usage pada smartphone dengan menekan setting, kemudian pilih data usage, dan Anda bisa atur batasan penggunaan kuota Anda per hari (atur set mobile data limit).

Berikut ini adalah lima hal yang dapat membuat kuota internet Anda cepat habis :

1. Streaming video
Di zaman yang sangat modern ini, terdapat berbagai layanan streaming video yang memudahkan orang menemukan video klip penyanyi favorit, film utuh, atau sekadar video trailer film terbaru. Sebut saja beberapa layanan streaming video yang terkenal seperti YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu. Namun, jenis hiburan yang satu ini jangan dianggap sepele karena streaming video adalah salah satu penyedot kuota Anda yang paling "kejam". Sebagai contohnya, Anda sudah menghabiskan kira-kira 50 MB hanya dengan melihat video 1 menit! Coba bayangkan jika Anda menonton film di Youtube yang berdurasi 2 jam. Saran saya jika Anda suka menonton video yang sama dari hari ke hari, ada baiknya Anda download saja video tersebut atau simpan file video dalam bentuk offline.

2. Upload ke YouTube
Menggunggah atau bahasa kerennya upload video ke YouTube adalah salah satu penyebab banyak kuota internet Anda berkurang. Namun, banyaknya kuota yang berkurang tergantung pada setting yang diterapkan oleh si pengguna dan berbagai faktor lain. Sebagai contoh, menonton video beresolusi tinggi atau yang disebut juga HD (High Definition) dapat menghabiskan kuota internet Anda hingga 150 hingga 200 MB per menit.

Nah, coba bayangkan jika setiap minggu Anda mengupload lima video HD berdurasi 1 menit dan kuota internet Anda hanya 1 GB per bulan. Tentu saja saat Anda cek, kuota Anda akan tinggal kurang lebih 200 MB. Belum lagi Anda menonton Youtube, main game online, sosial media, dll. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda tidak usah mengupload video jika tidak terlalu perlu atau memakai koneksi WiFi saja saat ingin mengunggah video.

3.  Percakapan video
Yang ketiga ini lagi-lagi berhubungan dengan video. Melakukan percakapan tatap muka video via Skype atau FaceTime dikategorikan sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada layanan atau fasilitas yang tersedia serta resolusi video yang Anda digunakan. Sebagai contoh percakapan melalui video, biasanya menurut pengalaman saya, mengonsumsi bandwidth 3 hingga 5 MB per menit. Jika Anda berniat menghemat kuota internet Anda, sebaiknya kurangi dan alihkan sesi obrolan menggunakan video dengan text atau chat.

4. Streaming musik
Jika ada streaming video, maka juga ada streaming musik. Guvera dan Rdio merupakan layanan streaming musik yang sangat praktis. Anda dapat mendengarkan musik sesuai selera di mana pun asalkan terhubung dengan koneksi internet. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu menyediakan space untuk menyimpan file musik tersebut dalam storage hp maupun storage kartu memori. Jika ada keuntungan, pasti ada kerugiannya. Apa lagi kalau bukan kuota internet Anda akan membengkak. Contohnya bila Anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang Anda habiskan adalah 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, Anda sudah "menghilangkan" 115 MB.

5. Game online
Game online adalah satu dari ke-5 penyebab kuota internet Anda cepat habis. Namun, tidak semua game online memakan kuota internet yang banyak, seperti Clash of Clans atau Online Soccer Manager yang saya mainkan di smartphone saya. Game tersebut hanya menghabiskan beberapa KB saja per menit sehingga tidak boros kuota.

Namun, kebanyakan game jenis real-time action ( Modern Combat 5: Blackout dan Asphalt 8) atau game yang sering update (Line Lets Get Rich), berbeda dengan ke-2 game diatas. Game online jenis real-time action diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan semakin meningkatkan konsumsi data Anda.

Ingin tau tips agar kuota internet tidak cepar habis? Klik SINI. Semoga bermanfaat.