Sepakbola : Bursa Transfer Premier League (EPL) Juni 2015

Posted by at
Sepakbola : Bursa Transfer Klub-Klub Liga Inggris Bulan Juni 2015. Halo football lovers, bulan Juni merupakan bulan yang pasif (tidak ada kompetisi) bagi klub-klub sepakbola, khususnya di Eropa. Meskipun pada bulan Juni - Juli ada kejuaraan Copa Amerika bagi negara-negara Amerika Selatan atau lebih dikenal dengan Amerika Latin. Para pemain yang tidak mengikuti Copa Amerika ini memang sedang "pasif", namun justru manajer atau pelatih bersama staff klub ternyata punya kesibukan lain. Apa kesibukan itu? Kesibukan itu tak lain adalah mempersiapkan musim baru 2015-2016 dengan mendatangkan sejumlah pemain demi memperkuat tim tersebut.


Memang rasanya kurang afdol jika perpindahan pemain tidak terjadi. Namun, ini hanya bulan Juni dan sejumlah tim sudah mendapat pemain "idaman" mereka. Bursa transfer yang sejatinya resmi dibuka pada 1 Juli sepertinya tidak mengurung niat beberapa klub-klub untuk mendatangkan pemain. Dari data yang saya dapatkan sejauh ini, tim-tim Liga Inggris (Premier League)-lah yang paling "ramai" melakukan transfer dengan sudah memastikan mendatangkan pemain sebelum 1 Juli 2015. Dari tim mana sajakah? Siapa saja pemain yang datang ke tim favorit Anda? Berikut Bursa Transfer Klub-Klub Liga Inggris Bulan Juni 2015 :

1. Everton
Penampilan Everton musim lalu yang "jelek", memaksa manajer Roberto Martinez menambah pemain baru yang berkualitas. Dengan cepat, Everton sudah sukses memboyong dua pemain anyar seperti Gerard Deulofeu dan Tom Cleverley. Nama terakhir sendiri sempat menolak tawaran dari empat klub EPL, diantaranya termasuk Aston Villa yang diperkuatnya sebagai pemain pinjaman musim lalu, untuk kembali menjadi anak asuh Roberto Martinez yang sempat melatihnya di Wigan. Dia akan bergabung secara resmi pada 1 Juli mendatang seiring berakhirnya masa kontrak di Manchester United, tim yang meminjamkannya ke Aston Villa. Sedangkan bagi Deulofeu, ini seakan "reuni" dengan Everton karena musim 2013-2014 pernah berseragam The Toffles usai menghabiskan musim lalu di Sevilla. Menurut sumber, Deulofeu dibayar dengan mahar sebesar 4,2 juta pounds dan menandatangani kontrak selama tiga musim.

2. Liverpool
Kali ini datang dari tim tetangga Everton, Liverpool. Sejauh ini The Kop merupakan salah satu tim yang paling aktif dalam bulan Juni ini. Mereka adalah Adam Bogdan, Danny Ings, James Milner, Joe Gomez, dan Roberto Firmino. Tiga nama sendiri didatangkan dengan status free transfer. Adam Bogdan akan mendarat dari Bolton menuju Liverpool pada 1 Juli sebagai pelapis Simon Mignolet. Danny Ings menjadi perekrutan kedua Brendan Rodgers musim panas ini setelah merekrut James Milner terlebih dahulu.

James Milner yang bertolak dari Manchester City ke Liverpool, menolak tawaran ekstensi dari City yang lebih menggiurkan untuk merapat ke Anfield. Sementara Joe Gomez diboyong dari Charlton ke Liverpool dengan mahar sebesar 3,5 juta pounds setelah tampil mengesankan di Charlton musim lalu. Dan yang terakhir, Roberto Firmino. Pemain yang terkenal dengan mencetak gol tanpa melihat gawang ini akan meneken kontrak jangka panjang di Anfield dan diperkenalkan 1 Juli setelah sepakat dengan TSG Hoffenheim. Kedatangan 5 pemain ini diharapkan mampu mengangkat performa Liverpool yang kurang memuaskan musim lalu ditambah dengan hilangnya sosok kapten, Steven Gerrad ke LA Galaxy.

3. Southampton
Sejauh ini, The Saints berupaya bersaing kembali dengan tim-tim papan atas dengan mendatangkan striker Juanmi, bek Cedric Soares, dan kiper Maarten Stekelenburg. Juanmi diboyong dari Malaga ke Southampton setelah mengemas delapan gol di La Liga 2014-2015 dan menjadi penggaetan pertama The Saints musim panas ini. Selanjutnya adalah Cedric Soares. Eks pemain Sporting Lisbon ini memilih berlabuh ke Soton dan meneken kontrak empat musim dengan skuat Ronald Koeman. Posisi kiper Fraser Forster yang tengah cedera memaksa Koeman meminjam kiper Fulham yang musim lalu dipinjamkan ke AS Monaco, Maarten Stekelenburg.

4. Bournemouth
Tim promosi yang cukup aktif dalam bursa transfer bulan Juni ini sudah mendatangkan sejumlah nama seperti Joshua King, Christian Atsu serta duo kiper gaek, Artur Boruc dan Adam Federici.
Artur Boruc (dari Southampton ke Bournemouth) dan Adam Federici (dari Reading ke Bournemouth) menjadi rekrutan pertama dan kedua Eddie Howe musim ini. Christian Atsu sendiri dipinjam dari Chelsea setelah musim lalu membela Everton dan merupakan perekrutan keempat manajer Eddie Howe.

5. Leicester City
The Foxes berhasil mendatangkan Shinji Okazaki, Robert Huth, dan Christian Fuchs untuk memperkuat sektor bertahan dan menyerang. Shinji Okazaki didatangkan dari Mainz dan telah meneken kontrak empat tahun dengan Leicester. Sedangkan duo bek Huth (dari Stoke City) dan Fuchs (dari Schalke) dikontrak tiga tahun.

6. Tottenham
Dua nama telah tiba di Hart White Line, yaitu Kevin Wimmer dan Kieran Trippier. Kevin Wimmer "diserobot" dengan cepat dari FC Koln mengungguli rival seibukota, Arsenal dengan ikatan kontrak lima musim. Sedangkan Kieran Trippier dibeli seharga 3,5 juta pounds dari Burnley sekaligus menjadi rekrutan kedua Mauricio Pochettino musim panas ini.

7. Aston Villa 
Saat ini, Tim Sherwood sudah mendatangkan duo Citizens, Scott Sinclair dan Micah Richards serta melepas Matthew Lowton kepada Burnley menggantikan Kieran Trippier, yang memilih hijrah ke Tottenham. Scott Sinclair dan Micah Richards telah menandatangani kontrak durasi empat tahun.

8. West Ham
Pedro Obiang dan Dimitri Payet adalah dua nama yang akan memperkuat sektor tengah The Hammers musim ini. Pedro Obiang dibeli dari Sampdoria dengan harga 5 juta pounds dan menjadi pembelian pertama Slaven Bilic sejak mengambil alih posisi manajer. Selanjutnya, Dimitri Payet menandatangani kontrak lima tahun di Upton Park setelah meninggalkan Marseille.

9. Swansea City
Kiper Kristoffer Nordfeldt, Franck Tabanou, dan Andre Ayew sudah dipastikan menjadi bagian dari skuad The Swans musim ini. Kristoffer Nordfeldt dibeli dari Heerenveen dan sudah meneken kontrak tiga musim sama seperti Franck Tabanou dari St Etienne. Sedangkan bintang Ghana dan Marseille, Andre Ayew meneken kontrak empat tahun dengan skuad Garry Monk di Liberty Stadium.

10. Derby Country
Mendatangkan trio pemain EPL musim lalu, Chris Baird, Andreas Weimann, dan Darren Bent tentu saja diharapkan mampu membawa Derby menuju kancah Premier League musim depan. Dua nama terakhir berasal dari Aston Villa dan Baird dari West Brom. Baird dikontrak selama dua tahun sama seperti Bent. Sedangkan Weimann akhirnya hijrah ke Derby di Divisi Championship dengan kesepakatan empat musim setelah hanya sekali jadi starter di Aston Villa.

11. West Brom
Kehadiran James McClean winger Republik Irlandia dari Wigan ini menjadi rekrutan perdana The Baggies musim panas ini dan telah menyetujui kontrak tiga musim.

12. Norwich City
Youssouf Mulumbu dan Graham Dorrans sama-sama keluar dari West Brom dengan meneken kontrak dua musim dengan The Canaries, yang berstatus tim promosi EPL.

13. Stoke City
Stoke berhasil mendatangkan dua pemain Liga Jerman asal klub Bayer Leverkusen dan Hannover 96 yaitu Phillip Wollscheid dan Joselu. Wollscheid yang mengemas 14 penampilan untuk The Potters saat membela klub paruh akhir musim lalu dengan status pinjaman dan kini dipermanenkan dengan ikatan kontrak tiga tahun. Sementara Joselu dibeli dengan harga 7 juta pounds untuk bergabung di Britannia Stadium.

14. Manchester United
Bintang Liga Belanda dan PSV musim lalu, Memphis Depay sebenarnya sudah mencapai kata sepakat pada bulan Mei dan akhirnya merampungkan transfernya ke Old Trafford untuk menjadi pembelian perdana Louis van Gaal musim panas ini.

Itulah 14 klub yang telah "mencuri start" menjelang bukanya bursa transfer pemain 1 Juli 2015. Umumnya klub-klub besar seperti Arsenal, Chelsea, dan Manchester City melakukannya saat jendela transfer dibuka karena pemain yang didatangkan adalah pemain bintang atau pemain tersebut masih berlaga di ajang Copa Amerika. Meskipun tim favorit saya, Arsenal dikabarkan sudah deal dengan Chelsea mengenai Cech, namun belum ada berita pasti. So, kita tunggu saja sampai jendela transfer dibuka.