Today Hot News (30 Juni 2015): Dari Transfer Cech ke Arsenal hingga Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan

Posted by at
Okay guys... kali ini saya akan mencoba memposting sesuatu yang lebih berbeda dari sebelumnya, yaitu 5 Berita "Terpanas" Hari Ini (30 Juni 2015). Ya, berita hari ini yang akan saya bagikan sebagian yang mungkin sudah tau. Namun, 5 berita dari kategori yang berbeda mungkin bisa menarik perhatian Anda terutama di kategori olahraga. Siapa yang tidak kenal dengan olahraga yang satu ini, yang dimainkan oleh 11 pemain masing-masing tim. Apa lagi kalau bukan sepakbola! Langsung saja kita bahas apa saja sih berita "terpanas" hari ini.

1. Petr Cech resmi ke Arsenal 


Akhirnya Arsenal secara resmi mengumumkan rekrutan pertama mereka musim ini di level senior. Siapa lagi kalau penjaga gawang asal Republik Ceko, Petr Cech yang belakangan ini santer dibicarakan oleh media-media akan hengkang menuju The Gunners. Seperti yang dilansir situs resmi, Arsenal.com, kiper 33 tahun ini menandatangani kontrak jangka panjang dengan biaya transfer sebesar 10,9 juta pounds sekaligus menjadi kiper dengan harga transfer termahal era Wenger. Ternyata rumor beberapa hari sebelumnya bukan sekadar "kabar burung". Buktinya, Cech dikabarkan telah menyelesaikan proses tes medis sejak beberapa hari yang lalu.

Cech sendiri merasa senang dan bangga bisa bergabung dengan jawara Piala FA musim ini. Ia mengaku sangat bersemangat untuk bergabung dengan Arsenal dan saya tidak bisa menunggu untuk bermain dalam pertandningan pra-musim. Namun, kepindahan Cech ke Arsenal tidak membuat semua orang gembira, terutama fans Chelsea. Orang yang diduga fans Chelsea melayangkan ancaman pembunuhan di sosial media kepada kiper yang telah memenangkan empat titel Premier League dan FA Cup, tiga titel Piala Liga, dua titel FA Community Shield, dan masing-masing satu titel Liga Champions dan Liga Europa.

2. Tuan rumah Chile ke final Copa Amerika

Gol pembuka Vargas (kanan) kala melawan Peru
Pertarungan tuan rumah Chile melawan tim kuda hitam, Peru di Stadion Nacional memperebutkan tiket final Copa America 2015, Selasa dinihari, 30 Juni 2015 berlangsung panas dan seru. Tensi tinggi, tekel-tekel keras, sebuah kartu merah, hingga gol jarak jauh indah tercipta di laga ini. Pertandingan yang berlangsung Selasa pagi WIB, 30 Juni 2015, itu sudah langsung alot dan panas sejak menit-menit awal. Buktinya, Carlos Zambrano terlibat kontak benturan dan adu dorong dengan Arturo Vidal, bahkan wajah Zambrano sempat didorong oleh Vidal.

Tensi pertandingan terus memanas dan akhirnya mencapai klimaks tepat menit ke-20 setelah Zambrano menendang punggung Charles Aranguiz dengan telapak sepatunya. Tanpa basa basi sang wasit "mengusir" Zambrano dengan kartu merah sehingga Peru bermain dengan 10 pemain dengan waktu yang masih panjang. Keadaan ini menyebabkan situasi berat sebelah dimana Chile terus mendominasi sepanjang pertandingan. Gol akhirnya tercipta pada menit ke-42 oleh Vargas memanfaatkan bola rebound Alexis Sanchez yang membentur tiang gawang. Chile unggul 1-0 hingga turun minum.

Di babak ke-2, Peru berhasil membuat pendukung Chile terdiam akibat gol bunuh diri Gary Medel sebelum Chile mencetak gol kemenangan menuju final Copa Amerika melalui gol indah jarak jauh luar kotak pinalti dari Vargas yang membuat kiper Peru, Pedro Gallese memungut bola kedua kalinya. Hasil ini sekaligus membuka peluang bagi Chile untuk memenangi Copa Amerika yang belum pernah dimenangi dalam sejarah. Lawan Chile selanjutnya adalah pemenang antara Argentina vs Paraguay.

3. Erupsi Gunung Sinabung akan berlangsung selama 5 tahun
Aktivitas Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, diperkirakan akan berlangsung selama lima tahun. Itulah kata Menteri Kehutanan Siti Nurbaya di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa (30/6/2015). Menurut Siti Nurbaya, vulkanologi memperkirakan erupsi Sinabung akan terus-menerus meski dengan volume erupsi yang tidak terlalu besar.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata aktivitas Gunung Sinabung masih sangat tinggi. Pada Senin (29/6/2015) siang telah terjadi 38 gempa hybrid ,67 kali guguran, dan tremor terus-menerus. Oleh sebab itu, Panglima Daerah Bukit Barisan Mayjen Edy Rahmayadi mendesak agar pihak pemerintah segera mengambil tindakan. Desakan ini dikarenakan semakin lama tindakan Sinabung dilakukan, maka efeknya akan semakin besar dirasakan warga setempat.

4. Hari ini (30 Juni 2015) terjadi Detik Kabisat
Bulan Juni tahun ini akan lebih lama dari Juni-Juni pada tahun sebelumnya. Sebab pada tanggal 30 Juni 2015, sehari semalam tidak akan 24 jam lagi, tetapi 24 jam 1 detik. Satu detik tambahan itu disebut detik kabisat. Penambahan dilakukan menurut keputusan International Earth Rotation and Reference Systems Service di Paris pada tahun 1972. Apa sih penyebab dan tujuan dari detik kabisat ini? Tujuan detik kabisat kurang lebih hampir mirip dengan tahun kabisat, yaitu menyesuaikan waktu dengan gerakan Bumi yang sebenarnya. Penambahan waktu satu detik dibutuhkan sehingga waktu manusia tetap sinkron dengan gerakan bumi berputar pada porosnya dan mengelilingi matahari yang tidak selalu berputar dengan kecepatan yang sama, malah melambat. Sehingga penyesuaian waktu ini dibutuhkan.

Nah..... apa yang mungkin terjadi ketika sehari semalam "hanya"satu detik lebih lama dari biasanya? Pasti kebanyakan dari Anda berkata "Hanya sedetik kok diributkan?" Anda salah dan dampaknya akan diluar dugaan Anda. Bagi umat manusia, penambahan satu detik memang tak berdampak besar dan tampak sebuah lelucon. Anda tinggal menyesuaikan jam dengan mudahnya sehingga sinkron. Tapi itu tidak terjadi dengan benda mati seperti dalam sistem komputer, satelit, navigasi, GPS, dan teknologi modern lainnya, satu detik adalah hal yang sangat penting.

Penambahan satu detik yang tidak diantisipasi  dapat menyebabkan chaos dalam sistem komputer dan memengaruhi banyak aspek bidang. Sebut saja contohnya pada tahun 2012 silam, sistem Amadeus pada sistem booking maskapai penerbangan Qantas di Australia mengalami error. Akibatnya, terjadi ratusan delay penerbangan yang merugikan banyak pihak. Contoh lainnya pengguna sistem operasi Linux juga mengalami gangguan. Dan juga situs Yelp, LinkedIn, Reddit, dan sejumlah situs lain mengalami crash. WOW! Berdampak sekali bukan 1 detik yang Anda sepelekan. Ya, betul. Jika detik kabisat tahun ini tidak diantisipasi, juga berpotensi terjadinya kejadian yang sama.

5. Pesawat Hercules C-130 jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.
Pesawat Hercules C-130 jatuh di kawasan permukiman di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa sekitar pukul 11.48 WIB. Pesawat jatuh setelah menghantam dua ruko dan merusak sejumlah bangunan lainnya. Menurut saksi mata, ekor pesawat buatan AS tahun 1964 tersebut sudah terbakar sebelum jatuh menimpa bangunan. Sebelumnya, beberapa saat setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Medan, pilot pesawat Hercules C130 sempat meminta return to base (RTB) kepada menara pengawas. Permintaan RTB itu sendiri biasanya dilakukan pilot jika menemukan masalah pada pesawat yang dibawanya. Setelah pilot meminta RTB, pesawat mendadak berbelok ke kanan dan jatuh sebelum kontak kembali dengan APP Medan.

Pesawat Hercules C-130 tersebut tercatat membawa 101 penumpang di dalamnya di luar jumlah kru pesawat yang berjumlah 12 orang. Selain kru pesawat dan prajurit TNI, pesawat tersebut juga mengangkut penumpang yang merupakan keluarga dari prajurit TNI yang sedang bertugas di daerah-daerah yang rencananya akan dikunjungi oleh pesawat tersebut. Selain itu, sejauh ini sudah ditemukan 65 jenazah dan 23 jenazah yang sudah teridentifikasi.

Itulah 5 Berita "Terpanas" Hari Ini (30 Juni 2015). Semoga bermanfaat guys!